Senin, 18 November 2013

JT 181113 : Profit Tiga Besar Pelayaran Taiwan Anjlok

Sudah bukan hal aneh bila dalam beberapa tahun belakangan ini, perusahaan pelayaran global harus berpahit-pahit ria karena nyaris gak ada perubahan mendasar dalam perekonomian global sehingga membuat industri maritim hidup dalam kondisi "penuh keprihatinan".

Contohnya, 3 (tiga) besar pelayaran Taiwan, gak ada satu pun yang mencatatkan diri perolehan profitnya naik, bisa bertahan dengan margin tipis aja kayaknya sudah bersyukur banget. Pasalnya pelayaran lain bila nanti ditotal-total, bisa jadi malah menggerus margin kuartal sebelumnya sehingga minus.

"Evergreen" sebagai salah satu pelayaran terbesar di Taiwan mengalami penurunan profit hingga 80 persen di kuartal 3, menjadi TWD 48,5 juta (setara dengan USD 1,6 juta).

Sementara itu, rival terdekatnya "Yang Ming Marine Transport" mengalami penurunan profit hingga 62 persen, menjadi TWD 1 milyar dan "Wan Hai Lines" (WHL) profitnya turun 29 persen, menjadi TWD 29,4 juta dibandingkan periode yang sama, yakni kuartal 3 (tiga) tahun lalu. 
 
Bagi Evergreen maupun Yang Ming, sebenarnya baru saja membawa angin segar yakni mendapat profit setelah sebelum-sebelumnya selalu merugi. Evergreen terbentur program restrukturisasi besar-besaran serta menghadapi kegagalan kenaikan tarif, terutama di pasar Asia Eropa (AE) dan Amrik.

WHL yang fokus di pasar Intra-Asia relatif terbantu dan bisa mempertahankan profit, walau harus diakui mengalami penurunan juga, namun di sisi lain, tak seperti pemain global lainnya yang mengutamakan AE. Turunnya profit 3 (tiga) pelayaran Taiwan ini dipengaruhi oleh sikon pasar yang masih labil hingga kini.

Ikut prihatin deh. Yang penting tetap profit aja dulu. Ok ?


Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar