Minggu, 03 November 2013

JT 031113 : Kabar Di Minggu Ke-44

Berikut ini, kami laporkan pengiriman kapal baru di minggu ke-44 (27/10-02/11/13) dan semoga informasi ini bermanfaat sambil menemani istirahat akhir pekan Anda, bahkan yang paling sadis sembari memanfaatkan harpitnas alias hari kejepit nasional walau kabarnya gak ada pengumuman hari Senin 04/11 libur.

Ahh terserah deh, yang penting informasi tetap aja mengalir apa adanya. Setidaknya ada 2 (dua) kapal baru masuk jajaran armada pelayaran besar, yakni : "Seamaster" (1.756 TEUs) dan "Ever Linking" (9.200 TEUs) sementara 2 (dua) info lainnya mengabarkan rencana pemesanan pelayaran tertentu akan jumlah kebutuhan kapal tambahan dan pengenalan teknologi baru LNG.

Berita pertama. Non-operating owner (NOO) Yunani, "Eastern Mediterranean Maritime" (EMM) baru aja mendapatkan kapal "Seamaster" (1.756 TEUs) dan merupakan kapal ke-3 yang dibuat "SPP Shipbuilding Company" Korea dan yang terakhir di kelas wide-beam.

Disain terbaru kapal compact wide-beam "Bangkokmax", memiliki panjang 170 meter, lebar 29,80 meter serta draft 9,50 meter. Kapal ini cocok untuk rute Intra-Asia. Kapal Seamaster bakal menggantikan "Captain Kattelman" (1.440 TEUs) yang disewa "Golden Sea Shipping" (GSS) - afiliasi "China Shipping Group" (CSG). Sistership Seamaster lainnya : "Tzini" dan "San Giorgio".

Seamaster bakal ditempatkan oleh GSS di rute Malaysia - Thailand - Vietnam dimana GSS bekerjasama dengan "Gold Star Line" (GSL), dengan rotasi : Port Kelang - Bangkok - Laem Chabang - Ho Chi Minh City. Waktu tempuh satu voyage di rute ini 21 hari dengan armada 3 unit kapal.

Berita ke-2, "Evergreen Group" menerima kapal "Ever Linking" (9.200 TEUs) dan kapal ini merupakan yang ke-16 dari total 30 unit yang diklasifikasikan "L-class". Kapal ini dibuat di CSBC Kaohsiung, Taiwan.

"Evergreen" memesan 30 unit dengan komposisi 20 unit dibuat di "Samsung Heavy Industries" (SHI) dan 10 unit CSBC Kaohsiung. Ever Linking menyusul kakaknya "Ever Living" buatan CSBC yang pertama dan rencananya bakal dioperasikan Asia I Eropa (AE) tapi Evergreen menamainya "CES".

Bagi Evergreen, kapal tipe L-class merupakan yang terbesar yang dimiliki tetapi kapal terbesar yang dioperasikan yakni "Thalassa Hellas" (13.900 TEUs) dan Evergreen menggandeng NOO Enesel Yunani untuk mendukung program ekspansi diatas kapasitas 10.000 TEUs. Enesel memesan 10 unit ultra-large containership (ULCS) untuk Evergreen.

Sebenarnya, Evergreen cukup konservatif dan agak kurang dengan konsep ULCS. Di tahun 2010/2011 Evergreen mendobrak tradisi prihatin dengan memesan 30 unit L-class tadi dan menyewa kapal ULCS +13.900 TEUs dari Enesel. Begitulah kronologisnya.

Sementara itu, isu "Brodosplit" yang membangun 2 (dua) unit kapal kontainer bertenaga LNG serta CCNI / NSC yang menambah 1 (satu) unit kapal gede alias kapal ke-5, yang dipesan di galangan "Hanjin Subic Filipina". Rujukannya, silahkan baca JT 281013 : "Brodosplit" Terima Order Dua Kontainer LNG dan JT "CCNI" + "NSC" Order Kapal 9.030 TEUs Di Filipina.

Selamat berakhir pekan.

Sumber : LV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar