Selasa, 19 November 2013

JT 191113 : Bantuan Korban "Topan Haiyan" Mengalir

Sejumlah negara, termasuk INDONESIA, telah menunjukkan solidaritas yang tinggi dengan memberikan bantuan makanan / minuman serta tenaga medis yang dibutuhkan. Banyak negara tetangga kini pun tergerak membantu korban salah satu topan terdahsyat, yang memiliki kecepatan hingga 300 km / jam !

Terjangan dahsyat Haiyan melumpuhkan pelabuhan Tacloban, yang segera di revitalisasi untuk bisa menerima bantuan kemanusiaan - demikian isi pernyataan dari ICTSI (International Container Terminal Service Inc.) yang berpusat di Manila.

Departemen Perhubungan (DOTC) setempat, bekerja bareng dengan "Philippine Ports Authority" (PPA), kabarnya menghubungi orang-orang ICTSI untuk segera memperbaiki sikon pelabuhan, agar bisa segera beroperasi kembali serta diharapkan bisa menampung bantuan dari segala penjuru dunia.

DOTC, PPA dan ICTSI bahu membahu mendatangkan peralatan bantuan sebagai langkah awal revitalisasi Tacloban dan diharapkan hari Selasa 19/11 ini sudah bisa operasional kembali - demikian sebagaimana disampaikan Regional Chief ICTSI Asia, Christian Gonzales.

ICTSI kabarnya menarik derek baru HMC (harbour mobile crane) dari Davao dan sebagian staf ahli diturunkan ke lapangan untuk menangani situasi darurat ini. ICTSI meminjamkan semua peralatan tanpa biaya, hingga sikon Tacloban diumumkan kembali pulih oleh pemerintah. Thanks God.

Banyak hal dilakukan oleh individu, institusi formal maupun informal, maskapai penerbangan hingga perusahaan pelayaran untuk meringankan beban penderitaan yang dihadapi masyarakat Filipina yang menjadi korban terjangan topan Haiyan ini. Salah satunya dari pelayaran Jepang, MOL.

"Mitsui O.S.K Lines" (MOL) mengumumkan bantuan serupa, tepatnya angkutan gratis ke Filipina untuk pengiriman misi sosial bantuan kemanusiaan via kapal kontainer yang dioperasikannya. Selain itu, MOL menyumbang USD 30.000 kepada korban terparah di Filipina tersebut.
Pihak MOL akan membuka saluran khusus ini, dari Jepang langsung ke Pelabuhan Manila dan program ini akan berlangsung hingga akhir Desember 2013 mendatang.

Kembali, terima kasih Ya Allah. Semoga saudara-saudara kami di rumpun tetangga masyarakat ASEAN ini segera pulih dari trauma dan tragedi mengerikan ini. Ikut prihatin.

Rujukan sebelumnya, silahkan baca : JT 171113 “ Dampak Topan “Haiyan: Di Filipina.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar