Senin, 04 November 2013

JT 041113 : “Maersk Salina” (9.500 TEUs) Kena Badai

Judulnya seolah serem tapi sebenarnya memang rada mirip. Ya gitu deh. Singkat cerita, kapal kontainer “Maersk Salina” yang berkapasitas 9.500 TEUs, dikabarkan mengalami kehilangan sejumlah kontainr isi (full / laden) akibat amukan badai.

Data yang tercantum di containership-info.com, kapasitas kapal Maersk Salina “hanya” 8.750 TEUs sehingga diperkirakan ada penambahan kapasitas dan menimbulkan spekulasi, kapal bisa berbahaya dalam kondisi seperti saat badai datang.

Serangan badai terjadi di Bay of Biscaye – sebagaimana dikonfirmasi pihak pelayaran asal Denmark tersebut – dan sejumlah kontainer dikabarkan hilang tersapu badai serta terhempas ke laut. Peristiwa ini terjadi antara hari Sabtu-Minggu (27-28/10/13).

Otoritas terkait di Perancis selanjutnya mengarahkan kapal ke pelabuhan tedekat dan membongkar sejumlah kontainer, yang dianggap berbahaya bila tetap diteruskan ke Zeebrugge – demikian bunyi pernyataan dari Maersk Line.

Sebagai referensi, kapal Maersk Salina dioperasikan di servis Asia – Eropa (AE1) dengan rotasi sbb: Kobe – Nagoya – Yokohama – Ningbo – Shanghai – Hong Kong – Shenzhen / Yantian – Tanjung Pelepas – Eropa sono.

Sumber : HKSG.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar