Selasa, 26 November 2013

JT 261113 : "CSCL" Jeblok Lagi & Jual Terminal

Gak habis-habis ya industri maritim global dihantam perkara pelik. Artinya, sudah bersusah payah bertahan dengan tarif yang pas-pasan dan praktis menggerus margin, ehh sekalinya jeblok harus menjual aset agar posisi keuangannya gak ambrol sekalian.

Bukan sekali ini aja perusahaan pelayaran menjual aset terminal kontainer, entah sebagian ato seluruhnya, yang pasti untuk mendapat dana segar harus dicari akal. Adalah “China Shipping Container Lines” (CSCL) yang di kuartal 3 mengalam kerugian sehingga perlu suntikan dana segar.

Di kuartal 3 – 2013, CSCL membukukan kerugian CNY 450,1 juta (= USD 74 juta), jauh berbanding dengan nett profit CNY 99 juta sepanjang kuartal yang sama di tahun sebelumnya. Pendapatan kuartalan pun drop 3,4 persen year-on-year menjadi CNY 9 milyar.

Untuk menutupi pendapatan selama 3 kuartal berturut-turut, di kuratal 4 ini CSCL berniat melepas saham di terminal kontainernya. Bulan lalu, CSCL baru juga melepas afiliasi miliknya “China Shipping Terminal Development” (CSTD) ke “China Shipping Group” (CSG) senilai CNY 870 juta.

Tahun lalu, CSCL pun melakukan aksi penjualan 28 persen aset kontainer milik (owned boxes) dan disewa-balik oleh CSCL untuk menjaga kestabilan keuangan perusahaan. Langkah tersebut dinilai efektif.

Mantabz !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar