Rabu, 29 Mei 2013

JT 290513 : APL + HL Peroleh Kapal Baru

Dua pelayaran besar ini baru saja mendapat kiriman kapal barunya. APL (NOL Group) mendapat kapal “APL Raffles” (14.000 TEUs) sedangkan Hapag-Lloyd (H-L) mendapatkan “Essen Express” (13.200 TEUs).

Bukti membanjirnya kapal gede diatas 13.000 TEUs bukan merupakan barang baru tetapi mengundang kekhawatiran tersendiri karena situasi perekonomian dunia yang sulit diprediksi sehingga membuat pelayaran global deg-degan bisa merugi ato menangguk laba ?

Kapal kontainer teranyar yang diterima APL merupakan yang ke-3 dari total pesanan 10 unit, dari galangan kapal “Hyundai Samho Heavy Industries”. Tahu donk kapal ini bakal dipasang dimana ? Asia – Eropa (AE) sebagai rute andalan pelayaran gede.

Kapal pertama yang merupakan sistership dengan APL Raffles adalah “APL Temasek” dan kapal ke-2 disewakan ke MOL dan dinamai “MOL Quest”, dioperasikan bersama di aliansi strategis G6 di Loop 4 AE. APL Raffles sendiri ditempatkan di Loop 6.

H-L mendapatkan Essen Express dari Hyundai Heavy Industries (HHI), Korea Selatan. Kapal gede (ultra large containerships / ULCS diatas 13.000 TEUs) ini bakal dioperasikan di Loop 5 AE hasil kerja bareng 6 pelayaran global yang berma G6..

Sebagaimana pernah disinggung sebelumnya, dari total 10 unit kapal 13.200 TEUs yang dipesan H-L, 6 diantaranya dibuat dengan kapasitas 8.750 TEUs namun segera di-upgrade di saat adanya tawaran dan temuan kapal diatas 10.000 TEUs mulai mendunia.

Congrats deh.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar