Rabu, 01 Mei 2013

JT 010513 : CSCL Order 5 x 18.000 TEUs


Babak baru persaingan kepemilikan kapal seri baru 18.000 TEUs dimulai ! Setelah Maersk Line memelopori membangun kapal yang diberi nama/kode “triple E” ato “EEE”, kini pelayaran lain mulai melirik hal serupa.

Adalah China Shipping Container Lines (CSCL) yang terus merangsek pelayaran global dan merapat menjadi salah satu pemain paling agresif, baik dari sisi pentarifan maupun strategi pengembangan armada kapalnya.

Belum lama ini, CSCL memesan 5 unit kapal berkapasitas 18.000 TEUs (entah mereka menyebutnya apa) dari Korea Selatan tapi ngga menyebutkan galangan kapal mana yang ditunjuk. Media SinoShip News mengindikasikan shipyard tersebut Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME).

Namun pihak lain, justru menyebutkan CSCL memiliki kedekatan dengan Samsung Heavy Industries (SHI). Jadi siapa yang benar, mendingan tunggu kabar dari CSCL aja ya. Nah kalo kapal Maersk triple EEE, dibuat di DSME.

Kabarnya CSCL tengah merapat ke United Arab Shippping Co. (UASC) yang disidik-sidik tengah mempertimbangkan membangun armada setipe EEE alias kapal 18.000 TEUs. CSCL akan membangun 5 unit dan 5 lainnya akan dipesan UASC.

Ke-10 unit kapal ini bakal dioperasikan di Asia – Eropa (AE) namun kepastian siapa galangannya dan mitra yang yang tengah didekati, kayaknya harus nunggu waktu lagi. Eng ing eng ...

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar