Selasa, 07 Mei 2013

JT 070513 : Aksi Demo Buruh HIT Berakhir


Setelah selama 40 hari berdemo menuntut penyesuaian gaji, pihak buruh yang berkarya di Hongkong International Terminals (HIT) milik taipan Li Ka-shing yang menguasai Hutchison Whampoa, akhirnya terpenuhi juga.

Bukan berarti semua tuntutan dipenuhi tetapi minimal ada kepedulian untuk meningkatkan kesejahteraan harkat hidup kamu buruh dan isu ini sempat mencoreng tudingan miring bahwa sang milyarder ingin hidup senang tetapi buruhnya menderita.

Kabarnya, kesepakatan kontraktor dan buruh, angka kenaikan yang disetujui 9,8 % sudah membuat kaum buruh senang. Asalnya, mereka menuntut kenaikan hingga 2 (dua) digit diangka 20 %. Sejumlah kontraktor alih daya sepakat dan bersedia menandatangai kesepakatan kecuali Everbest Port Services.

Kontraktor lain yang menjadi perusahaan pendukung kegiatan bisnis HIT yakni Pui Kee Stevedore Company, Lem Wing Transportation dan Comcheung Human Resources. Sejumlah pengamat berasumsi, kemenangan ini meningkatkan daya nego kaum buruh di Hong Kong,

Repotnya lagi, aksi demo ini mendapat dukungan masyarakat luas sehingga memojokkan posisi Li Ka-shing yang seolah gak mau tahu urusan perburuhan, walau diakui HIT tidak merekrut buruh pelabuhan secara langsung namun mempekerjakan mereka.

Rujukan sebelumnya, silahkan baca : JT 040513 : Isu Mogok Di Cheong Kong Centre Bergulir Ke Pengadilan, JT 190413 : Customer HKG Ngeri Hadapi hari Buruh dan JT 110413 : Terminal Hong Kong Dilanda Mogok.

Semoga semuanya berjalan normal kembali. Kegiatan bisnis harus berjalan terus agar tidak ada kemandegan yang berpotensi merongrong tumbuhnya angka pengangguran dimanapun juga. Bravo !

Sumber : SN-TR + Quartz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar