Rabu, 22 Mei 2013

JT 220513 : MSC Jual 35 % Saham Terminal Kontainer


Belum lama ini, pelayaran yang berbasis di Jenewa, Mediterranean Shipping Co. (MSC) menyepakati penjualan 35 % saham Terminal Investment Limited (TIL) senilai USD 1,9 milyar, kepada pihak Global Infrastructure Partners (GIP).

Seperti diketahui, setiap pelayaran global biasanya memiliki unit biz yang mengurusi terminal kontainer dan beroperasi di manca-negara. Sebagai contoh, Maersk Line yang memiliki afiliasi perusahaan bernama APM Terminals (APMT).

Penyelesaian deal ini hanya tinggal menunggu persetujuan para-pihak dan diperkirakan selesai pertengahan tahun ini juga. TIL memiliki dan menguasai 30 terminal kontainer di seluruh dunia (milik maupun kerjasama).

Dalam beberapa dekade saja, TIL tumbuh dan berhasil menduduki peringkat ke-6 “the biggest terminal operator in the world” sedangkan MSC sendiri merupakan pelayaran nomor 2 (dua) terbesar didunia, setelah Maersk Line.

Diharapkan kolaborasi antara TIL dan GIP serta mitranya, dapat memperkokoh fondasi bisnis MSC di tahun-tahun mendatang. Menurut pemilik MSC, Diego Aponte, buan hal yang mustahil bila TIL-GIP memiliki peran yang vital di industri maritim masa depan, termasuk MSC didalamnya.

GIP merupakan perusahaan investasi infrastruktur independen dengan pengelolaan aset mencapai USD 15 milyar. GIP memilih bermain di negara OECD maupun negara-negara berkembang terpilih. Jadi ngga sembarang negara berkembang juga.

Di sektor kepelabuhanan, GIP bukan pertama kali terjun di sektor ini. Mereka sudah memiliki 27 % saham di Port of Brisbane (Australia), 50 % International Trade Logistics, Buenos Aires (Argentina) dan 100 % Great Yarmouth.

MSC merupakan pemain kontainer nomor 2 terbesar didunia dengan agregat kapasitas 2,2 juta TEUs dan mengoperasikan 446 kapal kontainer. Oh ya, MSC didirikan tahun 1970. TIL dibangun MSC tahun 2000 untuk mengamankan kargonya di hampir semua pelabuhan besar dunia.

Congrats deh !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar