Selasa, 14 Mei 2013

JT 140513 : OOCL Ikutan Boikot Iran


Merujuk himbauan (tepatnya peringatan) dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan desakan pihak Amrik bahwa Republik Islam Iran harus mendapat ganjaran akibat gak nurut dengan Presiden Obama sehingga dibuatnya berang. Kebablasan, ehh Obama jadi berangasan hi hi hi.

Sejumlah pelayaran global sudah menarik diri dari area dagang Iran, semisal Maersk Line, MSC, CMA CGM, APL, Hapag Lloyd (H-L), UASC, Simatech dan Wan Hai Lines (WHL). Juni nanti, OOCL pun akan menarik diri dari kawasan Iran, hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.

Tindakan sanksi ekonomi ini ditujukan atas kenakalan Iran yang tetap ngotot untuk mengembangkan nuklir sebagai salah satu pusat pembangkit energi yang dibutuhkan negeri pimpinan Presiden Ahmadinejad. Pfffuih ... berat nian hidup ini.

Pihak Amrik dan sekutunya menuding bahwa Iran tengah mengembangkan teknologi nuklir untuk membuat senjata pemusnah dan kelak akan digunakan untuk menghantam anak emasnya Amrik yakni Israel. Sebagaimana diketahui, Israel merupakan seteru bebuyutan negeri Iran sejak awal.

Lagi-lagi ini bukti kekuatan media Barat yang tidak suka dengan sikap mandiri Iran. Bahkan sesama negara Liga arab pun kini mulai terpecah pelah. Tapi itu khan domainnya ahli politik jadi rada segen juga ngebahasnya. Cukup secuil diatas aja.

Pemerintah Amrik via National Defence Authorisation Act (NDAA) tidak memperbolehkan perdagangan umu, kecuali bantuan kemanusiaan (humanitarian goods). Selebihnya, pihak Amrik memelototin terus siapa saja yang melanggar dan asetnya bakal dibekukan.

Akankah sanksi ekonomi ini efektif ? Kita lihat saja. Ikut prihatin dengan isu sensitif ini ya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar