Selasa, 14 Februari 2012

JT 140212 : Prihatin Kondisi Kontainer Ex Kapal Rena


Walau sudah tenggelam dan meninggalkan sejarah kapal pecah 2x di waktu yang berbeda, pelayaran Mediterranean Shipping Co. (MSC) merasa memiliki tanggung jawab menyelamatkan barang yang sekiranya bisa diselamatkan.

Memang pasti rusak namun setidaknya bila terkait dengan pihak asuransi, harus ada bekasnya sehingga bisa betul-betul bisa diganti nilai pertanggungannya. Atau ada alasan lain, ya entahlah. Buktinya sampe sekarang masih terus diupayakan tindakan penyelamatan.

Kapal kontainer ini dimiliki Costamare Inc. dan disewakan ke MSC untuk dipasang di rute Australia namun mengalami nasib tragis saat melintas Astrolobe Reef serta dinyatakan kandas sejak tgl 05/10/2011 hingga kandas mid Januari 2012 lalu.

Kapal kontainer berkapasitas 3.300 TEUs menyisakan sejumlah besar kontainer yang ikut tenggelam, bersamaan dengan terpecahnya kapal menjadi 2 bagian akibat hantaman ombak keras selama berbulan-bulan. 

Perkiraan otoritas terkait, Maritime New Zealand (MNZ), menyebutkan ada sekitar 250 kontainer dibawah sana (below deck). MNZ menambahkan akibat kerusakan yang dialami kapal maupun kontainer sehingga sulit didapat angka akurat.

Kontraktor penyelamat kontainer, Braemer Howells, telah menerima 491 kontainer dari kapal Rena dan mengangkat 70 kontainer lebih yang terapung, terdampar di pantai maupun tenggelam di laut sekitar. 17 lainnya terdeteksi. Jadi yang tercatat 578 kontainer.

Saat kapal Rena kandas awal Oktober tahun lalu, ada 1.368 kontainer termuat diatas kapal dengan kombinasi kontainer 20’ dan 40’. Masih banyak yang terhampar didasar laut dan apakah masih akan diangkat semua ? Entahlah.

Rujukan sebelumnya JT 210112 : Pertama Kali, Penyelam Masuk Pecahan Rena, JT 120112 : Drama Kapal Rena Di Selandia Baru, JT 110112 : Buritan Kapal Rena Rusak, JT 030112 : Kapal Rena Akhirnya Terbelah Dua, JT 191211 : Regu Penyelamat Rena Diganggu Badai, JT 141211 : Cuaca Buruk Hambat Evakuasi Rena dan JT 051211 : Biaya Penyelematan Rena > MSC Napoli.

Selanjutnya baca di JT 241111 : Evakuasi Rena Terkendala Cuaca Buruk, JT 231111 : Cafer Dede dan Rena Lakukan Evakuasi Kontainer, JT 071111 : Drama Rena – Kontainer Siap Dievakuasi,  JT 031111 : MSC Dibayangi Klaim Rena dan JT 281011 : Update - Minyak Rena Mulai Dipompa.

Info sebelumnya, JT 191011 : MNZ – Kapal Rena Ngga Pecah Koq, JT 171011 : Minyak Rena Dekati Pantai NZ, JT 151011 : Costamare Minta Maaf Atas Insiden Rena, JT 121011 : Akhirnya, Master Kapal Rena Ditahan, JT 111011 : MNZ Minimalisir Dampak Rena dan JT 091011 : Kapal Kontainer Rena Kandas di NZ.

Ikuti terus perkembangannya hingga tuntas. Jangan bosen karena inilah kronologis kejadiannya, supaya tahu Bro’.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar