Senin, 13 Februari 2012

JT 130212 : Turkish Airline Beli LOT Polandia






Ini masalah maskapai penerbangan, bukan industri maritim seperti biasanya. Kabarnya, maskapai Turki yang bernama Turkish Airlines tengah mengejar target, mengakuisisi salah satu maskapai penerbangan di Eropa.


Dengan tidak mengenyampingkan kendala yang menghadang bisnis penerbangan di tahun 2012, Chairman THY, Hamdi Topcu dalam wawancara dengan media setempat Today’s Zaman menyebutkan, perusahaan akan mengambil langkah yang diperlukan.

Langkah yang diambil yakni berupa akuisisi. Bukan main-main, ada sekitar 14 proposal yang masuk ke pihak manajemen Turkish dan pihaknya harus benar-benar menakar, mana yang akan memberikan nilai tambah.

Dalam 3 (tiga) tahun belakangan, maskapai penerbangan Eropa menghadapi tantangan global sehingga untuk bisa bertahan harus melakukan kemitraan (partnership) ato bertahan apa adanya dan sewaktu-waktu kolaps.

Saat ini THY (Turkish Airlines) melakukan nego dengan maskapai Ceko (Czech Airlines), Polandia (LOT) dan Serbia (JAT Airways). Sebelumnya, sudah ada dari Hungaria (Malev) dan Spanyol (Spanair) yang diberitakan bangkrut.

Seminggu lalu, Spanair dan Malev membekukan operasi maskapai penerbangan akibat kesulitan keuangan dan pada akhirnya menghentikan operasi. Topcu berkeyakinan maskapai penerbangan besar masih bisa bertahan, namun yang kecil cenderung bangkrut.

Sejauh ini yang diminati adalah mengambil-alih LOT. Jadikah ? Tunggua aj tanggal mainnya. Di Asia sama trennya ato kebalikan dari Eropa ? Ya simak secara pribadi saja, benar tidaknya.

Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar