Minggu, 25 Desember 2011

JT 251211 : DSME Beli Saham HMM

Awal minggu lalu, galangan kapal Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), mengakuisisi sejumlah saham pelayaran yang tengah diperebutkan disana, Hyundai Merchant Marine (HMM).

Tanggal 20/12, DSME memborong 1,5 juta saham (1,04 %) HMM senilai KRW 35,5 milyar (= USD 30,7 juta) menjelang pasar saham ditutup di sesi tanggal 19/12 malam. Daewoo dan Hyundai Elevator pegang perjanjian supaya sama-sama enak.

Ada deal apa ya dibalik itu ? Wah, ngga disebutkan secara detil namun pastinya karena sejak lama saham HMM diperebutkan, baik secara keluarga maupun grup, maka apapun bisa terjadi. Moga-moga HMM tetap kokoh juga 'lah.

Apalagi sekarang ini, HMM sudah menjadi bagian aliansi strategis lebih besar yang bernama G6, harusnya lebih kokoh menjaga entitas bisnisnya supaya ngga rapuh digoyang isu yang bisa melemahkan kekuatan G6.

Sebelum bergabung dengan aliansi G6, HMM ikut bergabung di aliansi lain bersama APL dan MOL dibawah bendera The New World Alliance (TNWA). Rival terdekatnya yang bergabung di bawah komando Grand Alliance (G.A), akhirnya menyatukan visi dan misi membentuk G6 tadi.

Oh iya, anggota G.A terdiri dari Hapag-Lloyd (H-L), OOCL dan NYK Line. Aliansi G6 muncul sebagai reaksi perkembangan terkini, saat MSC dan CMA CGM bergandengan tangan membentuk kerjasama lintas generasi lebih harmonis.

Aksi pelayaran kontainer terbesar ke-2 dan ke-3 didunia tersebut, kontan saja menyulut pergeseran kekuatan pelayaran dunia sehingga semakin mengerucut. Perkembangan Top 20 kini semakin menjelma dominasinya dan menakutkan Customer.

Setidaknya bakal ada 4 kekuatan besar di tahun 2012 mendatang, yakni : Maersk Line, MSC / CMA CGM (suatu hari mungkin merger ?), G6 dan CKYH (Cosco, "K" Line, Yang Ming dan Hanjin) sementara kekuatan ke-5 siapa yang akan bergabung ?

Masih ada nama besar dan bakal besar, seperti : China Shipping Container Lines (CSCL), United Arab Shipping Co. (UASC), Evergreen Line, Wan Hai Lines dan beberapa nama lainnya. Akankah nereka terdorong berkolaborasi juga ?

Just wait and see 'yah.

Sumber : STA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar