Rabu, 21 Desember 2011

JT 211211 : Aliansi G6 = TNWA + G.A

Dampak dari dinamika industri pelayaran di akhir tahun 2011, benar-benar dahsyat. Setelah ada pengelompokan Maersk Line vs MSC / CMA CGM ...kini muncul aliansi strategis yang bernama G6, yang merupakan merger antara The New World Aliance (TNWA) dan Grand Alliance (G.A).

Seperti kita tahu, TNWA beranggotakan APL, HMM dan HMM sedangkan G.A terdiri dari Hapag-Lloyd (H-L), OOCL dan NYK. Sama-sama tiga pelayaran dan untuk mengimbangi konstelasi kekuatan diatas, lahirlah G6.

Yang masih belum ada mitra adalah aliansi CKYH (COSCO, "K" Line, Yang Ming, Hanjin atau sempat diumumkan dengan nama Green Alliance). Akankah pelayaran-pelayaran kecil diluar Top 10 akan ikut meleburkan diri atau membuataliansi sendiri ? Entahlah.

Rumit tapi itu adalah kenyataan, Jumlah kapal yang akan bergabungsekitar 90 unit dengan lingkup pelabuhan mencapai 40 serta rute yang diperkuat adalah Asia - Eropa. Gampangannya, adu kekuatan, ya gitu deh.
Bakal ada 9 loop dengan komposisi sebagai berikut, kecuali Med yang masih dalam kajian:

Loop 1
Jepang – Hong Kong - Cai Mep – Singapura - Jeddah– Rotterdam – Hamburg –
Southampton – Le Havre – Singapura – Hong Kong – Jepang

Loop 2
Dalian – Xingang – Pusan – Qingdao – Singapore – Hamburg – Antwerp – Southampton –
Salalah – Jebel Ali – Singapura – Pusan – Dalian

Loop 3
Shanghai – Ningbo – RRCina Selatan – Singapura – Tangier – Rotterdam – Bremerhaven – Gdansk – Gothenburg – Rotterdam – Jeddah – Singapura – RRCina Selatan – Hong Kong – Shanghai
Loop 4
Shanghai – Ningbo – RRCina selatan – Singapura – Southampton – Hamburg – Rotterdam – Singapura – RRCina selatan – Shanghai
Loop 5
Kwangyang – Pusan – Shanghai – RRCina – Singapura – Le Havre – Rotterdam – Hamburg – Thamesport – Singapura – Kwangyang

Loop 6
Kaohsiung – Xiamen – RRCina selatan – Hong Kong – Singapore – Kolombo – Southampton – Hamburg – Rotterdam – Singapura – RRCina  selatan – Kaohsiung
Loop 7
Qingdao – Shanghai – Ningbo – Hong Kong – RRCina selatan – Singapore – Salalah –
Rotterdam – Hamburg – Southampton – Tangier – Port Said – Singapore – RRCina selatan – Qingdao

Loop 8
Pusan – Shanghai – Ningbo – RRCina selatan – Hong Kong – Singapura – Port Klang – Jeddah – Damietta – Genoa – FOS Sur Mer – Barcelona – Valencia – Damietta – Jeddah – Singapura – Hong Kong
Loop 9
(Asia / Black Sea atau Laut Hitam) - menyusul.

Nah, khan tambah rame dan kompleks. Kerjasama ini akan berlaku selama 30 bulan dan bila selama kurun waktu itu memuaskan,, sejarah akan bercerita lain. Demikian juga dengan kolaborasi MSC dengan CMA CGM.

Juga, akankah CKYH nantinya berkolaborasi dengan UASC atau mitra lainnya untuk mengimbangi kompetisi yang semakin ketat ? Kita lihat saja yuuuuuk.

Sumber : Dari Sana-sini.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar