Senin, 05 Desember 2011

JT 051211 : Biaya Penyelamatan Rena > MSC Napoli

Kedua kapal kontainer tersebut memiliki nasib yang sama, kandas. Namun rupanya, biaya penyelamatan kapal yang dijalankan Mediterannean Shipping Co. (MSC) agak diluar dugaan dan terbilang mendebarkan.

MSC pernah (dan beberapa kali kapalnya kandas koq) sempat frustasi menangani MSC Napoli, kapal kandas yang akhirnya terbelah 2 (dua) di tahun 2007 lalu. Kini dengan kapal Rena, MSC dibuat ketar-ketir alias dag-dig-dug.

Kabarnya, salvage company Svitzer mengajukan jaminan 80 % dari nilai barang untuk menutup biaya-biaya yang timbul, padahal saat menyelamatkan MSC Napoli (lihat gambar dibawah ini) jaminannya hanya 50 - 60 % dari nilai barang doank.

Media cetak / majalah yang terbit di London, Containerisation International (CI) menyebut, mahalnya biaya jaminan karena tingkat kesulitan yang tinggi (extremely difficult and dangerous salvage work being carried out).

Hingga kini, sudah 166 kontainer diangkat dan dipindahkan dari kapal Rena, dimana saat kejadian ada 1.368 box diatas kapal, 32 diantaranya mengangkut barang berbahaya (dangerous goods) - demikian menurut Maritime New Zealand (MNZ).

Kapal kontainer Rena kandas diareal karang Astrolabe Reef sejak 05/10 lalu dan proses penyelamatan terus dilakukan hingga kini, namun hasilnya belum optimal, sebagaimana dirujuk diatas dan laporan2 sebelumnya.

Ikut prihatin dan pastinya, ngga mengganggu proses pendekatan dua sejoli yang sedang dimabuk "partnership syndrome" he he he, MSC dan CMA CGM. Baca deh untuk isu ini di JT 031211 : Kekuatan Lintas Generasi MSC + CMA CGM.

Untuk kronologis Rena, baca JT 241111 : Evakuasi Rena Terkendala Cuaca Buruk, JT 231111 : Cafer Dede dan Rena Lakukan Evakuasi Kontainer, JT 071111 : Drama Rena – Kontainer Siap Dievakuasi,  JT 031111 : MSC Dibayangi Klaim Rena dan JT 281011 : Update - Minyak Rena Mulai Dipompa.

Info sebelumnya, JT 191011 : MNZ – Kapal Rena Ngga Pecah Koq, JT 171011 : Minyak Rena Dekati Pantai NZ, JT 151011 : Costamare Minta Maaf Atas Insiden Rena, JT 121011 : Akhirnya, Master Kapal Rena Ditahan, JT 111011 : MNZ Minimalisir Dampak Rena dan JT 091011 : Kapal Kontainer Rena Kandas di NZ.
Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar