Jumat, 16 Desember 2011

JT 161211 : Rickmers + Komrowski = Blue Star Holdings


Isu merger di industri maritim satu persatu maujud. Kalau pun belum maujud, itu sih cuma perkara waktu aja xi xi xi. Sudah dengan rencana besar 2 (dua) juragan yang menjadi pemilik kapal terbesar di Jerman ?

Ehh mereka berencana mau bergabung alias merger. Bila pun menjadi kenyataan maka gabungan antara Erck Rickmers dan Komrowski Group kan menjadi kekuatan baru armada Jerman di jagat pelayaran dunia.

Kabarnya, mereka bakal mendirikan perusahaan induk yang bernama Blue Star Holdings guna mengakomodir unit usaha ER Schiffahrt (milik Rickmers) dan Komrowski Befrachtungskontor (milik Komrowski) dan mengibarkan bendera Blue Star Shipping (BSS).

Kalau kedua raksasa ini dilebur maka akan didapati jumlah 162 unit kapal, 120 unit diantaranya kapal kontainer yang disewa berbagai operator global. Konsolidasi owner kapal ini akan mampu mengontrol 35 % armada kapal kontainer sedunia, aje gile !

Itu menurut catatan media yang berbasis di Newark, Journal of Commerce (JoC). Apakah dorongan kuat untuk merger ini akibat dampak melorotnya harga sewa maupun tren pelayaran yang megap-megap ? Margin tipis banget Bro’.

Padahal, bila mereka jadi merealisasikan BSS maka target kedepannya harus punya 200-250 kapal. Berarti akan ada investasi lagi. Ernst Peter Komrowski menambahkan, aliansi ini merupakan bentuk perwujudan tradisi lama Hanseatic [Hamburg] koq, Jadi ngga perlu dipolitisir.

Hari gini mau jalan sendiri ? Kalau bisa sih OK, tapi kalau kira-kira harus bermitra, kenapa tidak ? Gitu aja koq repot. Ngga perlu gengsi lagi ‘lah. Bagaimana harus tetap eksis, itu yang terpenting.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar