Minggu, 11 Desember 2011

JT 111211 : Alexander & Baldwin Inc. Bentuk 2 Biz Unit


Induk perusahaan pelayaran Matson Line (pengibar bendera Amrik), Alexander & Baldwin (A&B) berencana membentuk 2 (dua) biz unit yang independen, yakni yang mengurusi pelayaran dan logistik serta satunya mengurusi produk pertanian dan properti.

Matson Line melayani rute domestik Amrik, seperti Hawaii dan Guam serta dilindungi Jones Act. Kalo maujud pelayaran akan menggunakan nama Matson sedangkan divisi properti memakai nama A&B. Sepintas sih begitu maunya.

Atas perkembangan yang terjadi, presiden Hawaii Shippers Council (HSC), Michael Hansen menjelaskan, bisa jadi langkah tersebut diambil sebagai bentuk kekecewaan Matson yang gagal bermain di rute Trans Pasifik (TP) akibat ganasnya kompetisi.

Padahal, di tahun 2010 lalu Matson menambahkan loop ke-2 di Asia – Amrik pantai barat (USWC) namun akibat persaingan harga di semua rute, akhirnya belum lama ini servis tersebut ditutup – demikian catatan American Shipper.

Saat servis ditutup saja, masih menyisakan cerita duka, merugi USD 50 juta. Presiden Matson Matthew Cox menjabat CEO sedangkan Chairman A&B, Walter Dods menjadi Presiden Matson versi baru (setelah pemecahan divisi).

Divisi pertanian dan properti tetap dipertahankan dengan nama A&B dan Chairman Stanley Kuriyama  akan sekaligus menjabat sebagai CEO juga. Tapi masing-masing biz unit bersiaft independen dan akan memiliki BoD terpisah.

Good luck !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar