Senin, 12 Desember 2011

JT 121211 : YML Order 5 x 8.000 TEUs

Yang namanya industri galangan kapal (shipyard), walau sempat terhenti selama 2 (dua) tahun lalu akibat krisis, sekarang ini mulai menggila lagi. Apalagi kapal yang dipesan bertambah gede, otomatis bakal ada kelebihan kapasitas.

Itu kalo ngga dibarengi penambahan volume dan perekonomian dunia masih memble kayak sekarang ini. Pergantian kepemimpinan di hampir semua negara jazirah Arab, plus krisis hutang yang melanda komunitas Euro dan pasar Amrik yang belon pulih bener.

Pokoknya, sebagian pelaku (baca : Operator dan Owner) mewaspadai tren ini karena bisa berimbas kepada pola operasi kapal-kapalnya di seluruh penjuru dunia. Bukan perkara efisiensi melulu, tetatpi bagaimana mengisi ruang kapal !

Walaupun sudah berulang kali ditegaskan, waspada dan waspada, ehhh dasar namanya perusahaan mencari peruntungan, ya tetap saja membangun kapal baru. Buktinya, salah satu raksasa transportasi Taiwan ini melaju terus dengan programnya.

Yang Ming Marine Transport (lebih dikenal sebagai Yang Ming Line / YML), kabarnya baru saja mendapat restu dari jajaran direksi untuk memesan kapal kontainer anyar 5 x 8.000 TEUs seharga NTD 591,6 juta - yang sebelumnya diajukan oleh afiliasinya, All Oceans Transportation.

Taipei Times memaparkan, direksi tengah mengkaji ulang konstruksi 5 x 16.000 TEUs yang sempat diajukan oleh Chairman Frank Lu namun kabarnya, YML gak perlu terburu-buru deh, mendingan melihat si-kon dan pasar yang ada.

Memang belum ada kejelasan, menolak ato meneruskan konstruksi kapal baru ini, namun lebih bijak menggunakan kata "dibekukan" dulu. CFO YML, Vincent Lin, menjelaskan, manajemen sangat mendukung usulan diatas namun diminta bersabar.

Selain menyetujui langkan konstruksi 5 x 8.000 TEUs, manajemen juga memberikan "lampu hijau" untuk menjual kapal lamanya 3 x 3.600 TEUs, kemungkinan di tahun anggaran 2012. Tuh, ada yang minat ?
Congrats deh buat YML.

Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar