Senin, 23 Mei 2011

JT 230511 : NYK Sewa 4 x 13.000 TEUs Kapal OOCL

Pelayaran Jepang, Nippon Yusen Kaisha (NYK) berniat menyewa kapal kontainer ukuran gede 4 x 13.000 TEUs, yang kebetulan dipesan Orient OverseasContainer Line ( OOCL) dalam tahun ini juga. NYK dan OOCL merupakan mitra kerja di aliansi strategis Grand Alliance (G.A).

Ngga heran juga, nantinya kapal yang disewa dari OOCL bakal dioperasikan di rute dan servis kerja bareng G.A. Jadi OOCL memesan totalnya 10 x 13.000 TEUs, 6 unit dipakai sendiri oleh OOCL, 4 unit lainnya disewakan ke NYK.

Awal minggu lalu, OOCL memastikan order kapal anyar tersebut ke pihak galangan Samsung Heavy Industries (SHI), Korea Selatan. Rencana pengiriman kapal-kapal baru ini direncanakan di tahun 2013 mendatang.

Pertanyaan sederhana, kenapa NYK harus menyewa kapal segede itu dari OOCL, kalau sebenarnya bisa meng-order tipe sejenis ? Entahlah. Alasan komersil, bisa jadi dan belum waktunya Bro'.

Tambah banyak aja ya peminat kapal 13.000 TEUs. Yang sudah pasti member: Maersk Line, MSC, Hapag Lloyd (H-L), CSCL, UASC dan OOCL. Lainnya pasti menyusul. Just wait and see.

Sumber : STA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar