Rabu, 04 Mei 2011

JT 040511: TUI AG Lepas Saham Hapag-Lloyd AG

Duuuh, ceritanya mo lebih fokus nih di bisnis travel ya. Adalah TUI AG, induk perusahaan pelayaran Jerman, Hapag-Lloyd AG (H-L), yang berniat melepas 11,3% sahamnya ke konsorsium Albert Ballin, senilai euro 315 juta.

H-L merupakan salah satu pelayaran terbesar didunia dengan servis mendunia. TUI pernah berniat melepas saham melalui IPO di tahun 2009 namun kondisi pada saat ini sedang guncang, yakni krisis keuangan gobal. Jadinya batal.

Lantas kenapa koq tiba-tiba TUI ingin melaksanakan ide lamanya ? Ya wajar 'lah cari duit segar. Rencana IPO disetujui Maret lalu namun sayangnya 2 (dua) minggu kemudian, konsorsium Albert Ballin yang menguasai 50,2% saham H-L menunda rencana pembelian tersebut.

Alasannya, pasar semakin tidak menentu setelah terjadinya gempa dahsyat di Jepang tempo hari, dan kini siapa yang digantung serta memanfaatkan situasi ini untuk mendapatkan diskon karena gagal IPO ? Tebak sendiri deh.

TUI kabarnya ngga berputus asa. Selain konsorsium Albert Ballin, ada juga pihak lain yang berminat koq. Disebut-sebut ada pemerintah Oman serta konglomerat RRCina, Group HNA. Penawaran mereka, kabarnya ditunggu hingga akhir Mei 2011.

Bila mekanisme diatas gagal semua, maka opsi terakhir adalah konsorsium Albert Ballin akan menariknya, hingga TUI tinggal memiliki 38,4% saja. Efektif 01/01/2012. Jadi, tetap tunggu waktu yang pas untuk melepas saham TUI.

Minimal Anda tahu, apa dan siapa TUI dan H-L serta konsorsium Albert Ballin. Ciao.

Sumber : Business Times- Reuters.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar