Kamis, 12 Mei 2011

JT 120511 : UASC Semakin Mantap

Masuknya pelayaran Arab menjadi salah satu pemain besar sebenarnya dari sisi finansial, ngga mengherankan. Tetapi menjadi salah satu pelayaran terdepan yang ikut mempelopori kapal 13.000 TEUs bisa diacungi jempol.

Adalah United Arab Shipping Co. (UASC)  yang secara mengejutkan menjadi pendatang di Klub 13.000, yang diperuntukkan bagi mereka yang memiliki kapal kontainer berkapasitas 13.000 TEUs dan diatasnya.

Pengakuan masuknya UASC dalam Klub 13.000 dikukuhkan setelah menerima kapal kelas A13 Umm Salal (lihat foto) yang berkapasitas 13.500 TEUs belum lama ini. UASC membangun 9 x 13.500 TEUs untuk memodernisir armadanya dan naik kelas.

Dibuat di Samsung Heavy Industries (SHI), Korea Selatan dan menurut pengakuan CEO UASC, Jorn Hinge, kesempatan menerima kapal Umm Salal merupakan salah satu momen penting bagi UASC agar lebih diperhitungkan di industri maritim kedepannya.

Kedepannya, kalo seri A13 sudah jadi semua, kebiasaan lama UASC tuh mo bikin servis sendiri, dan mengurangi minat berkolaborasi. Bukannya sombong, cuma lebih kearah independensi servis. Gitu ya ?

Untuk menjaga servis dan kombinasi selama kapal A13 yang belum jadi semua, UASC melakukan kolaborasi dulu dengan China Shipping Container Lines (CSCL) dengan melakukan slot-swap deal di rute Asia - Eropa (AE).

Masing-masing bakal dapat 500 TEUs di AEX7 CSCL (buat UASC) dan AEC2 UASC (bagi CSCL). Perjanjian AEX7 mulai berlaku sejak CSCL Jupiter ETD SHA 21/05 dan AEC2 per kapal Hatta (bukan kapal Indonesia neh),  ETD Qingdao 20/05.

Rotasi AEX7 : Shanghai - Ningbo - Shenzhen/Shekou - Hong Kong - Shenzhen/Yantian - Port Kelang - Le Havre - Rotterdam - Hamburg - Zeebrugge - Port Kelang - Shanghai. Ini servis milk CSCL 'loh ya.

Rotasi AEC2 : Qingdao - Busan - Shanghai - Xiamen - Shenzhen/Yantian - Ho Chi Minh City - Port Kelang - Jeddah - Algeciras - Le Havre - Rotterdam - Hamburg - Antwerp - Port Said - Jeddah - Port Kelang - Qingdao.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar