Rabu, 11 Mei 2011

JT 110511 : Kapal Evergreen Diincar Perompak

Rentetan aksi perompak Somalia kelihatannya semakin meningkat karena dari waktu ke waktu, khususnya memasuki bulan Mei ini terdengar semakin sering saja. Ada yang berhasil dan ada pula yang belum berhasil.

Rupanya, minggu lalu ada kejadian percobaan perompakan kapal milik Evergreen Line di Laut Arabia. Kapal kontainer Ital Glamour (3.428 TEUs) diserang dengan roket / granat dan menghantam kabin kapal namun dilaporkan ngga ada yang terluka.

Pada saat kejadian, Ital Glamour sedang berada 500 mil laut sebelah barat Karwar, India ato 500 kilometer selatan Mumbai - demikian dilaporkan media setempat India Today, juga dimuat media American Shipper dan TradeWinds.

Serangan terhadap kapal buatan tahun 1987 ini merupakan yang kedua di dekat India dalam waktu sepekan, setelah sebelumnya pihak perompak mengincar kapal bulker Full City (26.800 ton) milik Cosco dan membawa muatan fosfat.

Keduanya, baik Ital Glamour maupun Full City, berhasil diselamatkan dari garangnya aksi perompak dengan agresifitas kapal perang India dan Italia. Apakah mereka bersiaga setelah pengalaman Sinar Kudus ? Entahlah.
Yang pasti, kapal tanker milik Singapura, MT Gemini nyatanya masih dikelonin para perompak dan masih dalam proses negosiasi. Ngga tuntas ? Jangan harap anak buah kapal (ABK) dan kapalnya bisa bebas tanpa membayar tebusan.

Bisa dihitung jari, kapal yang dikuasai perompak bisa bebas tanpa bayar ransom. Jadi, tetaplah waspada karena naluri perompak Somalia ngga akan berubah, menjadi perompak ulung sebagai jalan pintas menjadi kaya.

Artikel rujukan aksi perompak Somalia beberapa waktu ke belakang, silahkan simak JT 090511 : Lagi, Aksi Perompak Somalia, JT 020511 : Kapal Tanker MT Gemini Dibajak Perompak dan JT 010511 : Kapal MV. Sinar Kudus Bebas.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar