Rabu, 12 Januari 2011

JT120111 : Pelabuhan Brisbane Ditutup Sementara Waktu

Menyusul banjir besar yang melanda Australia dan dikabarkan yang terjelek dalam kurun waktu 35 tahun terakhir. Ada apa gerangan ? Mungkinkan isu ini terkait dengan topik pemanasan global yang mulai menampakkan diri belakangan ini ? Tunggu perkembangan selanjutnya.

Alhasil, pihak otoritas pelabuhan Brisbane, Australia mulai kemarin malam menutup untuk sementara waktu dan aktifitas kepelabuhanan dialihkan karena ada indikasi banjir akan semakin meninggi – demikian laporan yang dapat dipercaya menyebutkan.

Di beberapa tempat, ketinggian banjir mencapai diatas 10 meter dan diperkirakan puncak banjir akan berlangsung hari Kamis (13/01) ini. Daerah terparah adalah negara bagian Queensland dan Maritime Safety Queensland (MSQ) mengumumkan penutupan sementara Port of Brisbane.

Banjir besar ini tak hanya melumpuhkan sektor transportasi tetapi berimbas kepada isu lingkungan, air bersih, ketersediaan listrik serta habitat satwa unik benua Australia, Kangguru. Potensi banjir akan meluas sudah disebarluaskan agar masyarakat lebih waspada.

Brisbane merupakan pelabuhan ke-3 terbesar di benua Australia dan untuk beberapa saat akan dialihkan ke lokasi aman di Whyte Island untuk memantau perkembangan terkini, dimana untuk wilayah Queensland saja bencana ini berhasil merendam 6.500 unit rumah dan pusat perkantoran.

Bagi Anda yang memiliki kepentingan dengan pelabuhan Brisbane, agar mempertimbangkan masak-masak terkait aktifitas ekspor-impor untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan (terutama yang bisa menimbulkan biaya tambahan i.e demurrage charges atau kontainer terendam dlsb).

Ikut prihatin ya. Bantuan asing sudah berangsur-angsur datang sejak Tahun Baru 2011 lalu. Take care.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar