Jumat, 28 Januari 2011

JT 280111 : KMP Laut Teduh Terbakar

Insiden di perairan kembali terjadi.Diperkirakan, sebanyak11 orang dipastikan tewas dan 427 selamat dalam peristiwa terbakarnya kapal penyeberangan KMP Laut Teduh di dekat Pulau Tempurung, dini hari tadi.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Suroyo Alimoeso, menyebutkan total penumpang berdasarkan data di Merak sebanyak 438 orang. Sebanyak 427 penumpang (termasuk awak kapal) dikabarkan selamat. Sembilan kapal feri dan 5 unit tug boat dikerahkan dalam proses evakuasi ini.

Walhasil, yang selamat banyak. Kapal tersebut saat ini sudah dikandaskan di pantai Anyer. Proses evakuasi masih terus berjalan. Penyebabnya ? Kapal ini terbakar sekitar pukul 03.30 di dekat Pulau Tempurung dalam perjalanan Merak – Bakauheni.

Ikut prihatin deh ... Penyebab detil, pastinya sedang diselidiki oleh pihak yang berwajib sedangkan secara umum, kita bisa simpulkan standar keselamatan semua kapal penyeberangan sudah agak memprihatinkan. Masih layak ato perlu peremajaan ? 

Coba deh naik sendiri kapal penyeberangan. Cek kapal penyelamat, kondisi life-jacket, papan petunjuk (sign board) hingga cara parkir antar-kemdaraan di kapal. Maklum kapal penyeberangn ini membawa juga kendaraan i.e truk dan mobil pribadi).

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar