Jumat, 14 Januari 2011

JT 140111 : CMA CGM Fungsikan Ka-Ge

Dalam bulan ini, pelayaran Perancis yang menduduki ranking ke-3 dunia, bakal menerima kapal anyar berkapasitas 12.552 TEUs CMA CGM Alaska. Wilayah operasinya akan digelar di Far East – North Europe FAL 1.

Menurut analis industri maritim, Alphaliner, kapal ini akan menjadi yang terbesar ukurannya, menggantikan kapal yang sekarang beroperasi yakni antara 9.500 TEUs hingga 11.400 TEUs. Nambahnya sedikit tetapi tetap aja nambah khan ?

Bahkan mulai Maret 2011, servis lain di rute yang sama FAL 3 akan disesuaikan juga dengan kapal yang lebih gede, yakni mengoperasikan 6 x 11.356 TEUs (penambahan kapasitas ini nyaris sepadan dengan kenaikan 10% dari kapasitas saat ini).

Selain CMA CGM, ada 2 (dua) pelayaran besar lainnya yang juga bakal mengoperasikan kapal gede (ka-ge), yakni Maersk Line dengan 13.092 TEUs di servis AE-7 dan MSC bakal memperkenalkan kapal 14.000 TEUs, wooooooooow, aje gile !

Persaingan diantara mereka bertiga sebenarnya yang membuat industri pelayaran bakal terkena imbas ombak perang atau tidak, Saat volume bisa memenuhi harapan semua pihak, it’s ok namun saat volume menurun drastis, pikirkan hal terburuk yang biasa terjadi.

Apa ya ? Memarkir kapal atau mendingan beradu tarif ? Entahlah. Padahal Imlek menjelang dan bagi sebagian besar pelayaran berharap bakal panen besar selama Lunar alias Tahun Baru Cina. Berkah nih ?

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar