Senin, 17 Januari 2011

JT 170111 : Armada Kapal Reefer Bakal Berkurang 50 Persen

Pertanyaannya, sebanyak itukah armada kapal reefer yang akan tergerus porsinya dan digantikan oleh peran kapal kontainer yang lebih dominan kedepannya ? Kapal kontainer moderen dilengkapi peralatan canggih i.e plug facility.

Media cetak yang bermarkas di London, Financial Times (FT), memperkirakan dalam kurun waktu 10 tahun kemuka, armada kapal reefer (refrigerated ship) bakal terpangkas separuhnya, dari jumlah total saat ini – demikian ungkap MD STA Yntze Buitenwerf.

Sejak kontainer muncul dan hadir dengan banyak inovasi, biaya murah serta kemudahan untuk ditansfer ke truk, kereta api maupun pesawat udara dan hal ini ngga akan ditemui di moda angkutan konvensional. Kapal terbaru banyak dilengkapi dengan reefer plug.

Maersk Line disebut-sebut sebagai pelayaran yang rajin berinvestasi di sektor reefer ini. Contoh, untuk rute utara-selatan (north-south loop), Maersk menyiapkan hampir 1.700 kontainer berpendingin (reefer equipments).

Walau demikian, ngga mungkin semua komoditi yang sudah ditangani reefer ship akan beralih ke kapal kontainer, dengan segala keterbatasan yang dimiliki armada kapal kontainer, hanya sebagian kecil saja yang akan beralih.

Benarkah, ungkapan diatas hanya untuk menenangkan situasi semata ? Intinya, tetap waspada, waspada dan waspada. Ini semacam rambu, yang bila digunakan dengan baik akan menolong biz benak Pembaca sekalian.

Take care.

Sumber : Dari Sana-sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar