Minggu, 16 Januari 2011

JT 160111 : TCC Beli Taichang Dragon 2.564 TEUs

Prestasi sang perintis jalur Trans Pasifik (TP) dengan biaya murah-meriah ato low-cost carrier (LCC) cukup lumayan. Buktinya, walau belum genap setahun tapi sudah berniat membeli salah satu kapal yang disewanya setahun lalu, Taichang Dragon.

Kapal berkapasitas 2.564 TEUs dan dioperasikan oleh The Containership Company (TCC) ini, akan dibeli dari Marine Capital Ltd (Inggeris) seharga USD 28,8 juta ato termasuk murah dibanding harga pasar (saat ini) yang bisa mencapai USD 35 juta.

Pihak yang bersedia membiayai pembelian ini adalah DVB Bank. Kapal bertipe geared-containership yang dibangun di Xiamen Shipyard tahun 2008 lalu, disewa TCC untuk masa 3 tahun dengan opsi bisa dibeli - bila mau.

Selain kapal Taichang Dragon, TCC berniat untuk membeli 3 (tiga) kapal lainnya yang dioperasikan di TP, yakni California Dragon, Jiangsu Dragon dan Shenzhen Dragon. 

Pelengkapnya, unit kontainer disewa dari Florens (afiliasi Cosco) dengan masa sewa 8 tahun.
TCC membuka servis kontroversial dikala kondisi dunia pelayaran sedang dihajar krisis keuangan global. Melajulah Great Dragon Service, yang menghubungkan 2 (dua) pelabuhan Taichang (RRCina) ke Los Angeles (Amrik).

Kayaknya prospektif juga buka LCC di industri pelayaran, sepanjang tahu betul posisi pasar yang diincar. Ya iyalah. Wong edhan juga ngerti.

Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar