Senin, 24 Januari 2011

JT 240111 : CSAV Resmi Masuk Top 10

Sulit dipercaya bila kita mengikuti perjalanan berat perusahaan pelayaran asal Cile, Compania Sudamericana de Vapores (CSAV). Di jaman krisis keuangan tahun 2009 lalu, nyaris bangkrut dan sengsara cari pinjaman kesana kemari. 

Tapi kini CSAV bisa berdiri gagah bahkan menggeser dominasi pemain-pemain besar lainnya. Tempo hari, CSAV sempat mendapat bantuan Peter Dohle dan ditukar dengan penguasaan saham sehingga mengucurlah bantuan strategis, saat itu.

Dalam kurun waktu tergolong singkat, CSAV sudah menjadi salah satu pemain top di deretan papan atas alias "Top 10 Operator Kontainer Dunia", bahkan menggeser posisi COSCO dan kedepannya APL. 

CSAV sendiri saat ini berada di posisi 7. Hasil mencengangkan adalah peningkatan volume 34% dibanding lifting tahun 2008 ato 62% dibanding tahun lalu. Total volume 2010 mencapai 2,89 juta TEUs dan di bulan Desember 2010 mencapai 294.500 TEUs.

Itupun dipengaruhi rontoknya ocean freight dalam kurun waktu 4 bulan terakhir serta persiapan menjelang Imlek. Mayoritas pelayaran biasanya menunda pengoperasian servis ato penambahan rute di saat mendekati Tahun Baru Cina karena dipastikan selama seminggu bakal sepi muatan.

Data terbaru yang dirilis Alphaliner, posisi 5 besar tetap didominasi - kecuali Hapag-Lloyd (H-L, sebelumnya posisi 5 besar dunia, kini naik ke peringkat 4) menyalip Evergreen Line. Posisi teratas A.P Moller-Maersk (APMM), disusul MSC dan CMA CGM. Posisi selanjutnya ditempati : APL (6), CSAV (7), COSCO (8), Hanjin (9) dan CSCL (10).

Congrats deh ya. Anda Luar Biasa !!!

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar