Kamis, 27 Januari 2011

JT 270111 : TNWA Kurangi Kapasitas, HJS Genjot Kemampuan

Hukum di lautan kadang buas mirip gelombang raksasa yang siap menerkam siapa saja. Namun dia bisa terlihat indah disaat tenang dan orang bisa memandang laut luas tanpa batas. Seolah dunia berada diujung sana.

The New World Alliance (TNWA) belum lama ini mengumumkan pengurangan kapasitas di rute Trans Pasifik (TP) sehubungan dengan penutupan pabrik di daratan Cina sepanjang perayaan Imlek dan tentunya, belajar dari tahun-tahun sebelumnya.

Anggota TNWA (APL, HMM, MOL) memperkirakan kondisi ini akan berlangsung selama 6 (enam) minggu doank tetapi bila sudah saatnya untuk mengakomodasi peningkatan volume, mereka siap mengoperasikannya kembali.

Bagi pelayaran global, winter deploymen programmes (begitu mereka menyebutnya), senantiasa dievaluasi agar load-factor kapal-kapalnya maksimal. Penutupan pabrik di RRCina tahun ini diperkirakan akan lebih lama, sekitar 3-4 minggu. Biasanya hanya 2 minggu saja.

TNWA bakal mengurangi kapasitas TP di servis SAX, PSW, PCX dan PCE sementara port of call serta lingkup servis secara total, akan direview agar tidak mengurangi layanan kepada Customer. Just wait and see.

Langkah TNWA ternyata disambut kontradiktif oleh pelayaran Korea Selatan, Hanjin Shipping (HJS). Memanfaatkan momentum ato pas kebetulan karena waktunya hampir bersamaan ? Tebak sendiri. HJS punya alasan lain.

Menjelang Chinese New Year kali ini, HJS justru mendongkrak kapasitas kapal dan mengganti generasi lama kemampuan 7.471 TEUs dengan kapal baru berkapasitas 8.586 TEUs.
Pergantian kapal di TP PSX-loop ini otomatis akan meningkatkan daya serang aliansi strategis CKYH (Green Alliance), apalagi kapal-kapal ini sempat mangkrak sejak tahun lalu di Samho Heavy Industry.
Kapal pertama dan kedua HJS yang bakal memperkuat servis Pacific South Express (PSX) adalah Hanjin Hamburg dan Hanjin New York. Kapal-kapal ini akan meluncur akhir Januari 2011.
Yang penting, rute TP harus cepat pulih karena ini merupakan magnet besar disamping rute Asia – Eropa (AE) yang bisa menyedot operasional ka-ge diatas 10.000 TEUs. Percaya ato ngga ?
Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar