Kamis, 29 Juli 2010

JT 290710 : Hainan POS Operasikan Ningbo - Long Beach


Meniru gaya TCC (The Containership Co.) ? Bisa jadi. Kabarnya, perusahaan pelayaran pelat merah alias milik pemerintah RRCina, Hainan Pan Ocean Shipping Co. (Hainan POS) bakal menggebrak pasar dengan meluncurkan servis dari Cina ke Amrik mulai mid-Agustus 2010.
Hainan POS menamai servis ini dengan Central China-America West Coast Express (CAE), membuka jalur Ningbo - Shanghai - Long Beach. Armada kapal yang disiapkan 4 x 2.700 TEUs. Selain Long Beach, Hainan POS akan menawarkan inland ke Chicago dan Houston.

Hainan POS di Long Beach akan menggunakan pelabuhan Pacific Container Terminal (SSA-Cosco) dan sebelum membuka servis ke Amrik, pelayaran ini tumbuh dan besar di rute domestik, kemudian melebar ke RRCina - Australia di bulan Mei 2010 dengan China Australia Express (CAX), bekerjasama dengan TS Lines.

Siapa sih arsitek dibelakang aksi ekspansi ini ? Didirikan tahun 2008 lalu, ternyata ada nama Kapten Li Kelin yang pernah menjabat Presiden China Shipping Container Lines (CSCL) dan Wakil Presiden COSCO, yang kemudian pulang kampung dan ingin membesarkan Hainan POS.

Cukup jelas khan, kenapa tiba-tiba muncul aksi buka rute ke Amrik. Kalo ngga ada pengalaman, biasanya mana sukses ? Amrik khan pasar yang paling ancur selama krisis keuangan 1-2 tahun ke belakang. Akankah ada lagi pengikut TCC selain Hainan POS ?

Kita tunggu aksi-aksi pelayaran anyar ini. Sampai berapa lama mereka bisa bertahan ? Selamat berjuang !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar