Kamis, 08 Juli 2010

JT 080710 : Volume Asia-Eropa Naik !


Pantesan harga uang tambang (baca : ocean freight) gonjang-ganjing ngga keruan dan cenderung naik gila-gilaan, setengah gila ! Begitu mayoritas tanggapan mayoritas Customer atas apa yang terjadi dalam sepekan terakhir.
Menurut laporan yang dirilis ELAA (European Liner Affairs Association), volume eastbound (baca : dari Eropa ke Asia) periode Jan-Mei 2010 turun 6,3 % dibanding periode Jan-Mei tahun lalu atau drop 1,1% dibanding volume bulan April 2010.

Tetapi saktinya, volume kargo Eropa (westbound) malah melonjak 16% (impor) dan 7% (ekspor) demikian catatan newsletter ELAA. Organisasi nirlaba ini sendiri sudah menutup kantornya di Brussels bulan lalu tetapi tetap kontinyu membuat review rutin.

Sebelum bubar, ELAA sering membuat dan menerbitkan laporan yang diberi title Container Trade Statistics, khususnya dari Asia-Eropa dan sebaliknya. Kekhawatiran selanjutnya, akankah laporan ini juga menjadi bagian sejarah ?

Asia-Eropa westbound trade masih berjaya dengan kenaikan year-on-year sekitar 21% sedangkan dibandingkan bulan April naik 1,3%. Kawasan yang cukup kontras diamati secara statistik adalah India dan Timur Tengah.

Eastbound trade cuma naik 4% year-on-year atau naik 1,7% dibanding April 2010, westbound trade-nya tumbuh 30% ! Angka yang cukup fantastis dan ngga heran kalo di beberapa kawasan anak benua terjadi kongesti.

Akankah periode masa beban muatan puncak (peak-season) berakhir dalam waktu singkat atau akan bertahan hingga akhir tahun ? Wallahualam. Semua berharap yang terbaik aja supaya ngga terjadi distrorsi dan demotivasi lagi.

Take care.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar