Jumat, 23 Juli 2010

JT 230710 : NOL Order Kapal Anyar Euy

Ujug-ujug, raksasa transportasi milik Singapura, NOL Group, mengumumkan bahwa pihaknya memesan 10 x 8.400 TEUs dari galangan kapal Korea Selatan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), untuk masa pengiriman antara 2013 hingga 2014.

Selain order diatas, Neptune Orient Lines (NOL) memiliki opsi membeli 2 x 10.700 TEUs. Nilai total kontrak untuk penambahan armada kapal tersebut mencapai USD 1,2 milyar. Kapal-kapal anyar ini nantinya akan dioperasikan oleh afiliasinya APL.

Kabarnya, NOL mengikuti jejak Evergreen Group yang tempo hari memesan kapal secara gede-gedean guna mengantisipasi pertumbuhan dagang, disamping harga kapal per unit masih cukup murah akibat goncangan krisis keuangan yang menghentak dunia selama 2 tahun ke belakang.

NOL sendiri menyadari bahwa dalam beberapa tahun kedepan, masa sewa kapal-kapalnya akan segera berakhir ditambah lagi kenyataan selama Semester 1 tahun 2010 ternyata volume APL meningkat cukup tajam yakni sekitar 39% - seiring perbaikan kondisi ekonomi di Amrik dan Eropa.

Menurut pengamat pusat riset di Heungkuk Securities, Cho In Karp yang bermarkas di Seoul, jika memesan sekarang maka pelayaran akan bisa menghemat banyak atau bisa membayar sedikit lebih murah, ketimbang saat booming nanti. Keburu mahal dan galangan berlomba menaikkan harga.

Bisa aja ya. Itulah fluktuasi di dunia maritim dan semoga kita semua bisa belajar dari jagoan-jagoan diluar sono.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar