Sabtu, 17 Juli 2010

JT 170710 : CMA CGM Peroleh Kapal Tergede 13.800 TEUs

Namanya Christophe Colomb dan diresmikan penamaannya oleh Menteri Perindustrian Perancis, Christine Lagarde. Kapal ini merupakan kapal pertama dari 8 unit yang diorder pelayaran terbesar ke-3 didunia ini. Peresmian nama tersebut berlokasi di Terminal de France, Port 2000 di Le Havre.

Nantinya kedelapan kapal seri 13.800 TEUs akan berlayar dengan menggunakan bendera Perancis dan dinamai para tokoh petualang terkenal (great explorers). Bagi CMA CGM kehadiran kapal generasi terbaru ini memiliki arti strategis setelah sebelumnya sempat dikabarkan terlilit krisis keuangan.

Memiliki panjang 365 meter, beam 51 meter, kapal ini dilengkapi pula dengan teknologi ramah lingkungan tercanggih, semisal electronic injection engine yang secara detil bisa mengurangi konsumsi bahan bakar kapal namun kecepatan kapal tetap terjaga dengan eco-speed, sekaligus mengurangi emisi karbon.

Kabarnya, kapal ini akan ditugaskan di FAL 5 (French Asia Line) untuk rute Asia-Eropa dengan rotasi sebagai berikut : Ningbo - Shanghai - Shenzhen/Yantian - Tanjung Pelepas - Port Kelang - Le Havre - Hamburg - Rotterdam - Zeebrugge.

Waduh kapal-kapal gede anyar terus menggelontor pasar. Bagaimana jadinya kalau sampai oversupply lagi ? Perkara nanti, yang penting saat lagi peak-season begini sikaaaaat aja dulu deh. Hitung-hitungan mah nanti. Serbuuuuuuu !

Sumber : HKSG.

Pemberitahuan :
--------------------
JT 160710 edisi hari Jumat (16 Juli 2010) ngga terbit karena kebetulan ada pekerjaan penting yang ngga bisa ditinggalin dan mohon maaf atas ketidak-hadirannya. Wassalam, RAM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar