Rabu, 28 Juli 2010

JT 280710 : Juli Catat Rekor Terhebat Pengiriman Kapal Anyar


Bulan tujuh ini bakal tercatat sebagai bulan tertinggi dalam hal realisasi pengiriman kapal kontainer anyar - demikian menurut biro konsultan yang bermarkas di Paris, Alphaliner. Hingga akhir Juli ini diperkirakan akan dibanjiri kapasitas baru 200.000 TEUs = 17 kapal kontainer.

Lima diantaranya diatas 10.000 TEUs. Ditambah lagi tingkat pembesituaan kapal lama berlangsung lambat sehingga dipastikan pertumbuhan kapal kontainer tahun 2010 ini mencapai 9,6% atau meningkat dibanding tahun 2009 yang cuma mencatat growth 5,6% atau yang terendah selama 10 tahun terakhir.

Dua diantara yang terbesar yakni MSC Bettina dan MSC Irene (masing-masing berkapasitas 13.793 TEUs) atau kapal ke 11 dan 12 dari total konstruksi 26 unit yang dibuat di Korea Selatan, Samsung Heavy Industries (SHI) dan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME).

Selain itu ada Ruby Rickmers (13.092 TEUs) milik Rickmers Group, yang bakal disewa Maersk Line untuk jangka waktu lama. Kapal Ruby merupakan kapal ke-2 dari total order 8 kapal post-panamax, semuanya bakal disewa Maersk Line.

Ruby Rickmers bakal diganti nama menjadi Maersk Emden dan masuk servis gabungan, hasil kerjasama dengan pelayaran Perancis, CMA CGM di rute Asia - Eropa (FAL 5/AE8). Kapal-kapal ini dibuat di galangan kapal Hyundai Heavy Industries (HHI).

Ada lagi nih. Giliran Hapag-Lloyd (H-L) yang dapat jatah kapal baru, Sofia Express (8.750 TEUs) dari HHI. Ini merupakan kapal ke-8 dari total 14 x 8.750 TEUs yang dipesan. Kapal-kapal baru H-L bakal dimasukkan ke Grand Alliance - Loop B/NWX.

Tuuuh khan, gimana ngga rame. Yang melaut kapal-kapal edun dan kapasitasnya gede-gede. Hati-hati aja, bisa perang harga lagi en ancur-ancuran. Simak terus dan tetap waspada dengan perkembangan yang ada.

Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar