Kamis, 22 Juli 2010

JT 220710 : Evakuasi Kontainer Charlotte Maersk

Bagaimana dengan kondisi kapal Charlotte Maersk yang terbakar di lepas pantai Port Kelang, Malaysia dan sudah sejauh mana hasil pemadaman yang dilakukan tim penyelamat ? Ikuti ringkasannya sebagaimana kutipan dan ringkasan dibawah ini.

Kapal berkapasitas 8.200 TEUs milik Maersk Line ini masih dalam proses penanganan karena sikonnya diatas kapal memang rumit. Evakuasi sudah mulai dilakukan dan kapal terakhir yang dijagokan untuk membantu evakuasi dan mengirimkan kontainer ke tujuan adalah kapal Maersk Brooklyn (4.500 TEUs) yang lagi "idle" alias cuti.

Kapal bantuan ini diberangkatkan dari Skotlandia menuju Malaysia guna meneruskan kontainer yang selamat dalam insiden kebakaran tersebut. Investigasi awal menyebutkan, kebakaran ini merusakkan instalasi kabel dan tutup palka akibat panasnya suhu diatas kapal bekas kebakaran.

Kabar terakhir menyebutkan, Maersk berhasil melokalisir 150 kontainer yang diduga menjadi santapan si jago merah dan Maersk Line sudah mengumumkan kejadian ini dengan General Average (GA) serta menunjuk GA Adjuster yang berkantor di Hamburg, Stichling Hahn Hilbrich.

Cepat beres deh urusannya. Kasihan barang orang terkatung-katung dan momen ini merupakan ujian bagi industri pelayaran secara menyeluruh. Ikut prihatin. Info sebelumnya, baca juga deh di edisi JT ....

Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar