Kamis, 13 Agustus 2020

JT 130820 : Pelayaran Alihkan Kapal Ke Tripoli, Setelah Ledakan Beirut

 

Setelah terjadinya ledakan hebat yang menewaskan banyak orang akibat di Pelabuhan Beirut, Lebanon. Kini sejumlah pelayaran besar mengalihkan (untuk sementara waktu) ke pelabuhan terdekat, Tripoli sekitar 43 mil dari Beirut.

Tripoli merupakan sebuah pelabuhan kecil tetapi kini menjadi gerbang masuknya barang bantuan dari berbagai negara serta lembaga kemanusiaan setelah peristiwa tersebut menewaskan ratusan orang dan melukai ribuan lainnya.

Hingga saat ini masih belum ada kabar, kapan pelabuhan Beirut akan dibuka kembali namun rantai pasok makanan pasti terganggu. Menurut data Marine Traffic, setidaknya setelah ada pengumuman pengalihan pelabuhan Tripoli sebagai pengganti Beirut, 3 kapal kontainer sudah antri sandar.

Hapag-Lloyd (H-L) + Maersk memastikan kapalnya segera singgah di Tripoli sedangkan MSC memilih Yunani ato Turki sebagai opsi sementara bongkar muat. Kantor perwakilan H-L dan Maersk dikabarkan rusak di Beirut.

Dari International Transport Workers’ Association (ITWA) melaporkan 12 petugas dok + 7 pelaut dikabarkan meninggal ditempat. Pihak pelayaran hingga saat ini belum diijinkan mendata kontainer yang rusak karena masih dalam investigasi.

Ikut prihatin.

#prayforbeirut

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : Arabian Business

1 komentar: