Selasa, 04 Agustus 2020

JT 050820 : Ledakan Beirut Luar Biasa Dahsyat

Kenapa dibilang dahsyat ? Dampak yang ditimbulkan ternyata diluar dugaan dan ternyata, sebagaimana disampaikan Presiden Lebanon Michel Aoun sebanyak 2.750 ton amonium nitrat ditimbun selama 6 (enam) tahun di gudang pelabuhan, akhirnya meledak hari Selasa kemarin.

Senyawa ini termasuk klasifikasi barang berbahaya. Amonium nitrat adalah senyawa kimia yang biasa digunakan untuk pembuatan pupuk + menjadi campuran zat dalam konstruksi pertambangan.

Perdana Menteri Hassan Diab meminta kabinet pemerintahan menggelar rapat darurat terkait ledakan ini pada Rabu 05/08/20, serta mengatakan status darurat selama dua pekan harus segera diumumkan.

Sejauh ini, dilaporkan setidaknya 78 orang dilaporkan tewas akibat ledakan, sementara sekitar 4.000 orang lainnya mengalami luka-luka. Kantor pelayaran yang terkena diantaranya Maersk, Hapag-Lloyd (H-L).

Saking kerasnya ledakan ini hingga hingga terasa di negara tetangga, Israel, Siprus + Suriah. Maklum aja, yang meledak 2.750 ton ammonium nitrat yang kekuatannya setara 1,2x ton bom TNT. Astagfirullah aladzhiim.

#prayforbeirut

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : The Independent.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar