Minggu, 30 Agustus 2020

JT 300820 : WHL Beli Kapal Baru Via Resale Deal


Apaan tuh resale deal ? Untuk hal ini, redaksi juga baru denger istilah ini karena agak ku-per tapi dari maksudnya, pembelian kapal baru melalui mekanisme penjualan ulang. Kenapa begitu ?

Jadi begini loh. Ceritanya perusahaan pelayaran Taiwan, Wan Hai Lines (WHL) diinfo oleh salah satu pihak yang nawarin kapal anyar + kebetulan WHL butuh untuk ekspansi pasar, jadi nyambung nih.

Kebetulan MTT Shipping (Malaysia) pernah ngorder kapal ini di tahun 2018 tetapi berhubung satu dan lain hal, akhirnya kapal yang dibangun di Hull 2001 + Hull 2002 dijual ke WHL dengan nila taksiran sekitar USD 17,7 juta untuk sepasang.

Nah cara seperti inilah yang disebut resale deal. Susah jelasinnya tapi kira2 begitulah. Udah dipesan pihak lain tapi batal dan dibeli pihak lain dengan harga pasar yang berlaku saat ini. Semacam itulah.

Galangan kapal Zhoushan Changhong International Shipbuilding di RRCina mendapat pesanan 2 x 1.800 TEUs namun akhirnya batal tapi sekarang akhirnya terjual juga – demikian laporan media Splash 247.

Wan Hai Lines sekarang ini memiliki armada kapal 105 kapal kontainer (berbagai ukuran), dengan agregat total 292.000 TEUs dan menjadikannya sebagai operator pelayaran no. 12 terbesar didunia. Congrats !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar