Sabtu, 08 Agustus 2020

JT 080820 : VW Siapkan Ghana Sebagai Basis Perakitan

 

Produsen mobil asal Jerman, Volkswagen (VW) kabarnya mulai merakit mobil di Ghana setelah pemerintah melarang impor mobil bekas – demikian menurut Bloomberg News. Larangan ini akan mengubah Ghana menjadi basis perakitan mobil di benua Afrika.

Negara dengan populasi 380 juta jiwa, akan mendapat rejeki dari VW dengan merakit kendaraan melalui Universal Motors Ltd yang memasang target dengan kapasitas produksi 5.000 unit mobil per tahun – sebagaimana disampaikan Kepala Wilayah Sub-Sahara VW, Thomas Schaefer.

Bulan Mei lalu, pemerintah Ghana melarang impor mobil bekas yang berusia lebih dari 10 tahun dan ingin memanfaatkan kesepakatan perdagangan bebas benua untuk menjadi pusat produksi Afrika Barat.

Perdagangan bebas yang akan dimulai pada 1 Juli lalu, telah ditunda karena pandemi Covid-19 sehingga waktunya mundur. Pandemi telah mempengaruhi perdagangan barang dan konsesi tarif di hampir semua negara.

Rencana tersebut diharapkan akan beroperasi penuh pada tahun 2030, yang berarti Area Perdagangan Bebas Kontinental Afrika (AfCFTA) akan menjadi zona perdagangan bebas paling signifikan di dunia, berdasarkan wilayah. Kawasan itu akan memiliki potensi pasar 1,2 miliar penduduk + produk domestik bruto USD 2,5 Triliun.

Setelah kebijakan diterapkan sepenuhnya dan elemen-elemen seperti pembiayaan kendaraan diberlakukan, Ghana akan memiliki kapasitas untuk 300.000 mobil baru setahun – demikian ujar Kepala VW Ghana, Jeffrey Oppong Peprah.

Waaaaah terobosan maut yang dilakukan Ghana menyongsong pasar bebas di Afrika Barat. Cukup jeli.

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : YouTube.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar