Minggu, 16 Agustus 2020

JT 160820 : Beirut Berangsur Normal

 

Sebagaimana sebuah tempat (disini diwakili oleh Pelabuhan Beirut) yang sempat porak poranda akibat sebuah ledakan dahsyat sehingga menewaskan ratusan orang + ribuan lainnya terluka. Itu yang bisa didata karena kabarnya banyak yang tidak bisa dikenali lagi.

Terlepas dari hasil investigasi dari pihak berwenang di Lebanon, kabarnya kondisi sekarang sudah berangsur-angsur membaik dan kondisi pelabuhan sudah bisa digunakan untuk bongkar muat lagi – demikian menurut kantor berita Reuters.

Ledakan 4 Agustus lalu, telah mengejutkan penduduk ibukota Lebanon hanya dalam hitungan detik. Pihak pelayaran CMA CGM melaporkan salah satu stafnya hilang usai terjadinya ledakan.

Bahlkan sejak tgl 10 Agustus, kapal CMA CGM sudah beroperasi kembali secara normal dengan menyinggahi Pelabuhan Beirut. Kabarnya kapal komersial sudah dikembalikan ke Beirut sedangkan barang bantuan dialirkan melalui pelabuhan kecil Tripoli.

Pihak pelayaran asal Jerman, Hapag-Lloyd (H-L) pun mengakui bahwa booking untuk tujuan Beirut sudah dinormalisasi dan kegiatan operasional sudah berlangsung dengan baik. Sejauh ini yang sudah menerima kargo tujuan Lebanon barulah CMA CGM dan H-L.

Seperti diketahui bahwa Lebanon mengimpor banyak kargo, mulai dari makanan segar, buah-buahan hingga produk pakaian  Rata2 volume tahunan pelabuhan Beirut sekitar 1 juta TEUs, sedangkan Tripoli 400.000-an TEUs.

Syukurlah jika Beirut sudah berangsur pulih. Ayooooo dukung pemulihan Beirut agar segera bisa berjalan normal seperti biasa kembali.

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : Daily Sabah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar