Jumat, 21 Agustus 2020

JT 210820 : Rusia Stop Gunakan USD

 

Presiden Rusia sudah menyiapkan negaranya untuk tidak terlalu menggantungkan negaranya terhadap mata uang Dollar Amrik (USD) serta menggantinya ke mata uang euro (EUR), khususnya untuk transaksi dengan pihak RRCina.

Presiden Vladimir Putin mengatakan bahwa lebih dari 50 persen barang2 yang dibeli dari RRCina selama kuartal 1 (satu) rata2 menggunakan mata uang euro – demikian menurut data Bank of Russia yang dirilis belum lama ini.

Kabarnya permintaan penggunaan euro ke negara2 Uni Eropa (UE) selalu meningkat dari tahun ke tahun. Posisi akhir tahun 2018 sekitar 38 persen dan akhir tahun 2019 sudah mendaki lagi menjadi 43 persen.

Ini adalah upaya Putin untuk menghindari tekanan Amrik jika suatu ketika nanti bermasalah dengan penguasa negeri Paman Sam. Tahun lalu juga, raksasa minyak Rusia, Rosneft PJSC sudah mengganti semua transaksi ekspor dari USD ke EUR.

Untuk kepentingan impor Rusia masih menggunakan USD. Lantas dengan pihak RRCina komoditi yang paling banyak menggunakan mata uang EUR yakni untuk transaksi ekspor minyak.

Upppps ! Presiden Donald Trump kudu bersiap-siap jika negara segede Rusia sudah mempelopori penggunaan mata uang selain USD untuk transaksi ekspornya, bisa berabe nih. Ya gitu deh.

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : Liputan6.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar