Selasa, 11 Agustus 2020

JT 110820 : HMM Jual Saham Terminal Algeciras Ke CMA CGM

Pelayaran Korea Selatan, Hyundai Merchant Marine yang kini mengabadikan nama komersialnya menjadi HMM, dikabarkan sudah sepakat dengan CMA CGM (pelayaran asal Perancis) membeli saham Terminal Algeciras sebesar 49 persen.

HMM melepas terminal kontainer ini seharga KRW 58,9 Milyar (= USD 49,5 juta) kepada pihak CMA CGM – demikian laporan kantor berita Yonhap. Selanjutnya HMM nantinya masih akan ikut serta dalam Total Terminal International Algeciras (TTIA).

HMM masih memegang kontrol mayoritas di Terminal Algeciras via HT Algeciras (afiliasi HMM yang dibentuk khusus mengurusi terminal kontainer ini). Persetujuan diatas berlaku jika sudah mendapat persetujuan otoritas terkait di Spanyol.

Terminal Algeciras terletak di mulut gerbang Selat Gibraltar, sebelah selatan Spanyol dan memiliki kapasitas tahunan 1,6 juta TEUs per tahun. Tahun 2017, HMM membeli TTIA dari Hanjin Shipping senilai KRW 115 Milyar.

Hanjin Shipping (HJS) sendiri saat ini sudah bangkrut dan asalnya sama2 dari Korea Selatan. Saat ambruk pelayaran HJS menempati ranking 8 operator dunia dan disegani karena memiliki sejumlah terminal sebagai salah satu kekuatannya.

Ternyata sebesar apapun skala perusahaan jika terjadi mis-manajemen bisa ambruk. Tetap berhati-hati.

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : Business Korea.

1 komentar: