Sabtu, 20 Juni 2020

JT 200620 : Angkutan KA Barang Naik Di Rute RRCina – Eropa

Sejak pandemi wabah Coronavirus (Covid-19) melanda berbagai belahan dunia, beberapa pengamat pernah memprediksi angkutan barang via kereta api (KA) bakal meningkat, terutama di rute RRCina ke Eropa.

Secara khusus kargo yang berangkat dari Xian ke Eropa meningkat cukup tajam tahun ini seiring tekanan harga di jalur udara yang meningkat cukup banyak sekitar 3-4x lipat dari dimasa normal.

Menurut Roland Verbraak, GM GVT Group yang bermarkas di Belanda, pihaknya bisa menerima barang dalam waktu 15 hari dimana angkutan udara berkisar antara 10-20 hari. Angkutan KA berada di moderate level. Dan harga pun bisa 4x lebih mahal.

Ini merupakan perkembangan mencengangkan dan volume selama 5 bulan tahun 2020 mencapai 1,9 juta ton ato naik 41,7 persen dibanding periode yang sama tahun 2019 lalu. Artinya, pengamat + pengguna jasa jadi sangat optimistis.

Seperti diketahui saat pandemi meluas, pemerintah RRCiina mengontrol ketat pergerakan arus barang via bandara sehingga menjadikan angkutan KA sebagai opsi yang memudahkan keinginan Customer. Kontrol sama tetapi biaya lebih murah.

Semoga di republik ini pun momen ini bisa menjadi titik tolak peningkatan volume angkutan barang via kereta api.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar