Kamis, 04 Juni 2020

JT 040620 : HMM Algeciras Jadi Kapal Terbesar Masuk Eropa


Jika ada sesuatu yang baru di industri maritim, selalu menjadi perhatian + berita dimana-mana. Khususnya bila menyamgkut kapal terbesar di sisi kapasitas dan hal ini menimbulkan rasa percaya diri yang luar biasa.

Terakhir kali Maersk  mengeluarkan kapal generasi Emma Maersk, dilanjutkan dengan dominasi MSC Oscar / MSC Gulsun oleh perusahaan pelayaran Mediterranean Shipping Co (MSC), dan rekornya akhirnya dipatahkan oleh HMM.

Belum lama ini, pelayaran asal Korea Selatan, yang sebelumnya membawa panji Hyundai Merchant Marine, kini menggunakan nama singkat + padat HMM untuk semua produk + keperluan komersialnya.

Salah satu kabar teranyarnya HMM Algeciras (kapasitas 24.000 TEUs) dan dinobatkan sebagai kapal kontainer terbesar saat ini, akan menyambangi pelabuhan Rotterdam dan membuat rekor menjadi kapal terbesar yang pernah sandar di Belanda.

Dalam pelayaran perdananya, HMM Algeciras dari Yantian, RRCina menuju Rotterdam World Gateway (RWG) untuk melakukan kegiatan bongkar muat. HMM Algeciras ditugaskan di servis Far East – Europe (FE4) yang dioperasikan THE Alliance.

Rotasi pelabuhan FE4 kurang lebihnya : Qingdao – Busan – Ningbo – Shanghai – Yantian – Rotterdam – Hamburg - Antwerp – London dan kembali via Terusan Suez lanjut ke Singapura dst. Kapal ini dijadualkan tiba di Hamburg besok ato lusa pagi.

HMM Algeciras diserahkan ke pihak HMM di bulan April 2020, dari galangan kapal Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME). Kapasitas aslinya 23.964 TEUs namun dibulatkan menjadi 24.000 TEUs, dan dinobatkan menjadi kapal yang terbesar saat ini.

HMM Algeciras merupakan kapal pertama dari total order selusin di tahun 2018 lalu, bagian dari total order 20 unit ultra-large containerships (ULCS) paket peremajaan unit. Hebatnya lagi 3 galangan kapal terbesar (The Big 3) dibagi jatahnya masing2.

DSME mendapat porsi 7 unit kapal 24.000 TEUs, Samsung Heavy Industries (SHI) membangun 5 unit 24.000 TEUs sedangkan Hyundai Heavy Industries (HHI) mendapat jatah konstruksi 6 x 16.000 TEUs untuk masa pengiriman tahun 2021.

Posisi HMM saat ini merupakan perusahaan pelayaran no. 9 terbesar didunia dan tengah merangsek terus dengan berbagai program inovatif supaya bisa masuk jajaran The Big 5 Operator dunia.

Congrats !

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : The National.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar