Rabu, 17 Juni 2020

JT 170620 : HSBC PHK 35.000 Karyawan


Bencana di dunia perbankan sudah dimulai sejak kehadiran start up 1-2 tahun lalu namun semakin hari semakin menjadi. Ditambah lagi kehadiran pandemi Coronavirus sehingga menghantam semua sektor yang ada di bumi ini.

Jika terkait pemutusan hubungan kerja (PHK) siapapun pasti akan termenung seharian. Bak dihantam godam, disaat jaman serba sulit pastinya akan ada yang harus dikorbankan agar perusahaan tetap eksis ato rontok sama sekali.

Perusahaan sempat mempertahankan pembekuan pada hampir semua perekrutan eksternal, kata Kepala Eksekutif Noel Quinn dalam memo yang dikirim ke 235.000 staf HSBC di seluruh dunia pada hari Rabu dan dilihat oleh Reuters.

Yang ada adalah HSBC selaku bank terbesar di Eropa harus memangkas 35.000 personilnya agar tetap bisa bertahan ditengah badai Covid-19. Kabarnya, HSBC harus bisa menghemat USD 4,5 Milyar. Gimana caranya, terserah.

Sebagian besar pemutusan hubungan kerja kemungkinan ada di Global Banking and Markets (GBM), yang menampung perbankan investasi + perdagangan HSBC, seorang eksekutif senior yang mengetahui rencana tersebut.

Setelah HSBC, siapa lagi yang akan terkena dampak langsung Covid-19 ini ? Jika disusun akan banyak sekali. Tetap waspada ya Gaes.

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : FT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar