Rabu, 21 Oktober 2015

JT 211015 : Studi – Geser Ruang Mesin, Dapat 300 TEUs

Sebuah studi yang diadakan oleh Gaztransport et Technigaz (GTT – sebuah perusahaan mesin kelautan), CMA CGM (perusahaan pelayaran Perancis) dan DNV GL (biro klasifikasi internasional), merilis fakta kapal 20.000 TEUs tanpa ruang mesin !

Wuih wuih wuiiiih. Sebuah media yang merilis pernyataan tersebut yaitu Maritime Executive menyebutkan, kapal dimaksud pastinya bertenaga LNG ato gas alam cair, dimotori oleh COGAS (combined gas) dan dilengkapi turbin uap serta dipandu secara elektronik.

Bila semuanya ditempatkan di dek yang sama ato berdekatan mirip kapal jaman baheula (ruang mesin konvensional), maka kapasitas muat untuk kargo bisa bertambah kira-kira 300 slot, silahkan dibandingkan bila harus menempatkan ruang mesin seperti saat ini (heavy fuel oil-fuelled ship).

Kapal kontainer berkonsep “PERFECT” (Piston Engine Room Free Efficient Containership”)  dipercaya dapat menghasilkan duit lebih banyak dan mengurangi masa waktu cicilan – bila kapal tersebut dibeli dengan duit perbankan.

Malah kapal berkonsep PERFECT  ini diklaim bisa menghasilkan efisiensi yang lebih baik serta fleksibilitas dibanding kapal 20.000 TEUs dengan ruang mesin disain saat ini. Kapal dengan sistem COGAS memiliki kelebihan tersendiri (sori, teknis bingitz).

Tahap penyempurnaan berikutnya dari proses disain ini bertujuan untuk mengoptimalkan sistem propulsi dan disain kapal guna mencapai tingkat efisiensi yang lebih besar dan ujung-ujungnya, peningkatan kapasitas kargo.

Siiip, semoga sukses.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar