Minggu, 11 Oktober 2015

JT 111015 : Kereta Bandara Minangkabau Beroperasi 2016

Sepertinya, proyek jalur kereta bandara Soekarno Hatta (Soetta) di Jakarta bakal tersalip proyek kereta Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Jalur kereta api (KA) tersebut, juga bakal terhubung ke sejumlah stasiun yang ada di Kota Padang dengan total panjang 23 kilometer (km). Mantabz !

Presiden Jokowi dan Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan hari Sabtu 10/10 meninjau langsung pembangunan proyek tsb dan akan menjadi yang ke-2 setelah proyek kereta bandara di Kualanamu, Medan, Sumatera Utara.

Menhub, Ignasius Jonan menuturkan, pembangunan jalur kereta api menuju BIM, sebagian besar memanfaatkan jalur yang sudah ada, terutama yang dari Stasiun Padang menuju Stasiun Duku. Jadi alternatif, masyarakat bisa gunakan jalan darat ato kereta api, tinggal pilih aja.

Menurut penuturan Menhub, operator yang akan bertanggungjawab terhadap pengoperasian jalur Stasiun BIM-Duku adalah PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan saran tsb sudah disampaikan ke perusahaan pelat merah yang turut melambungkan nama Jonan menjadi Menhub.

KA Bandara di Sumatera Barat akan dioperasikan oleh KAI, karena belum dapat dioperasikan secara komersial, berbeda dengan KA Bandara Kualanamu yang langsung beroperasi secara komersial.

Pembangunan kereta bandara BIM ini didanai APBN senilai Rp 127,5 milyar. Jonan berharap PT KAI bisa menyediakan kereta api yang bagus, seperti, kereta api Kuala Namu-Medan. Klo bisa sih lebih bagus he he he.

Semoga. Congrats juga buat PT KAI, juga masyarakat Sumatera Barat yang bakal mendapat kepercayaan dilayani kereta bandara. Cheers.



Sumber : CorComm PT KAI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar