Jumat, 09 Oktober 2015

JT 091015 : “Kalmar” Optimalkan Crane MSC Valencia

Berbagai upaya dilakukan port operator, agar bisa menggaet jumlah optimum volume yang diharapkan. Yang dideketin pastinya perusahaan pelayaran tapi kalo yang punya saham perusahaan pelayaran, gimana ?

Itu uniknya. Jaman sekarang pelayaran besar rata-rata punya termina, dengan dalih untuk mempermudah proses bongkar muat walau di balik itu, pelayaran dimaksud harus punya duit yang gak berseri supaya bisa eksis. Prestise he he he (selain kudu untung).

Ceritanya nih, pelayaran kedua terbesar di dunia setelah “Maersk Line”, yaitu “Mediterranean Shipping Co.” (MSC) – yang nota bene memiliki dedicated terminal di pelabuhan Valencia – lagi ngapgred (upgrading) peralatan berat supaya jozz.

Alkisah, vendor alat berat disono Kalmar (afiliasi Cargotec), baru aja memenangkan kontrak penyesuaian ship-to-shore (STS) di MSC terminal di Valencia supaya bisa menangani kapal berkapasitas 19.000 TEUs.

Crane ini bakal dioperasikan mulai mid-2017. Crane yang ada saat ini, hanya mampu untuk mengakomodir kapal 16.000 TEUS tetapi khan MSC punya banyak kapal gede, tanggung aja. Mending diibas aja sekalian he he he.

Bagi MSC, ini merupakan kontrak terbesar yang pernah ada hingga saat ini. Upgrading STS di Valencia bisa jadi merupakan yang pertama di dunia seiring dengan semakin banyak kapal gede beroperasi di rute Asia – Eropa (AE).

Bagi MSC, Valencia memiliki nilai strategis, selain sebagai transshipment port di area Semenanjung Iberia, juga berfungsi sebagai gerbang distribusi di Eropa sebelah selatan. Valencia meng-handle 1,6 juta TEUs rata-rata per tahunnya.

Congrats !


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar