Kamis, 08 Oktober 2015

JT 081015 : “El Faro” Hilang Di Kep. Bahama

Kabar kurang sedap lagi nih di industri pelayaran. Kabarnya, sebuah kapal RO/RO + containership berkapasitas 1.200 TEUs “El Faro” hilang, setelah bencana topan menerjang Kepuauan Bahama – demikian laporan yang disampaikan oleh BBC.

Kapal buatan 1975 dan berbobot 31.515 gross ton ini diterjang topan Joaquin dan melenyapkan 33 anak buah kapal (ABK). Kapal tersebut tengah memuat 391 kontainer dan 294 kendaraan – demikian sebagaimana disampaikan media “Lloyd’s Liist”.

Kapal berbendera Amrik ini, saat bencana dating, sedang dalam pelayaran dari Florida menuju Puerto Riko dan kabar terakhir yang sempat diterima pada hari Rabu lalu, kapal sempat kehilangan tenaga (power) dan sempat menyalakan sinyal SOS.

Sayangnya, pihak US Coast Guard (USCG) pun blon bisa memastikan lokasi El Faro terakhir karena sinyal yang diterima kurang bagus. Hingga mendapat kepastia yang bisa dipertanggung jawabkan, pihak USCG melaporkan El Faro hilang kontak. Gitu.

Seperti diketahui, topan Joaquin membawa hujan lebat di sekitar Bahama, dan merusak sejumlah rumah tinggal. Topan Joaquin memiliki kecepatan 105 mph (165 km/jam), bergerak cepat dari daratan ke area Atlantik dengan cepat.

Ikut prihatin dan semoga kapal El Faro bisa segera diketahui keberadaannya.

Sumber : Dari Sana-sini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar