Rabu, 07 Oktober 2015

JT 071015 : “Maersk” Gandeng “H-L” Optimalkan Hazmat Software System

“Maersk Line” dan “Hapag-Lloyd” (H-L) telah sepakat untuk bekerja sama dalam meningkatkan keselamatan transportasi barang berbahaya dan kabarnya, Maersk sedang mempertimbangkan agar bisa mengadopsi perangkat lunak pendeteksi milik H-L yang dinama “Watchdog”.

Program "Watchdog" digandengkan Hapag-Lloyd dengan FIS (Freight Information System ato Sistem Informasi Pengangkutan), fungsinya memonitor data kargo yang dikirim dan kombinasi data yang mencurigakan.

Program Watchdog selain mampu mengidentifikasi “sesuatu” yang mencolok / aneh / unik, juga memiliki database lebih dari 6.000 kata kunci yang secara terus menerus di-update dan ditambah datanya sehingga semakin lengkap.

Barang berbahaya yang dinyatakan tidak benar alias ngawur, memiliki potensi bisa menimbulkan risiko besar terhadap kru kapal, kapal, lingkungan dan kargo lainnya yang tengah diangkut bersama – demikian papar pernyataan pihak H-L.


Departemen yang menangani barang berbahaya H-L didirikan hampir 50 tahun yang lalu dan merupakan yang pertama di industri pelayaran. Sejak itu, spesifikasi internal yang dimiliki H-L untuk kategori barang-barang berbahaya telah berulang kali membentuk dasar untuk peraturan perundang-undangan dan menjadi aturan wajib bagi seluruh industri.

COO Hapag-Lloyd COO Anthony Firmin: "Kerja sama dengan Maersk Line adalah langkah yang sangat maju dan penting bagi peningkatan keselamatan dan keamanan seluruh industri kami."

Tahun lalu, H-L menemukan 2.620 kasus barang berbahaya tidak benar dan mencegah untuk dimuat. Ahli barang-barang berbahaya di H-L mendapati lebih dari 162.000 kasus yang mencurigakan dan berhasil dilacak software Watchdog tsb.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar